MAKALAH TEORI BELAJAR HUMANISTIK
- Pengertian Teori Belajar Humanistik
Teori Belajar Humanistik adalah
suatu teori dalam pembelajaran yang mengedepankan bagaimana
memanusiakan manusia serta peserta didik mampu mengembangkan potensi
dirinya.
Teori
humanistik sangat mementingkan yang dipelajari dari pada proses
belajar itu sendiri. Teori belajar ini lebih banyak berbicara tentang
konsep-konsep pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan,
serta tentang proses belajar dalam bentuknya yang paling ideal.
Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik pada pengertian belajar
dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman tentang proses
belajar sebagaimana apa adanya, seperti yang selama ini dikaji oleh
teori-teori belajar lainnya.
Teori
belajar humanistik proses belajar harus bermuara pada manusia
itu sendiri. Dalam kenyataan teori ini lebih banyak berbicara tentang
pendidikan dan proses belajar dalam bentuknya yang paling ideal.
Teori ini lebih tertarik pada ide belajar dalam betuknya yang paling
ideal dari pada belajar seperti apa adanya, seperti apa yang bisa
kita amati dalam dunia keseharian.. Teori apapun dapat dimanfaatkan
asal tujuan untuk “memanusiakan manusia” (mencapai aktualisasi
diri dan sebagainya)
dapat tercapai
Dalam teori belajar humanistik,
belajar dianggap berhasil jika si pelajar memahami lingkungannya dan
dirinya sendiri. Siswa dalam proses belajarnya harus berusaha agar
lambat laun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik-baiknya.
Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut
pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.
terimakasih atas kunjungannya
No comments:
Post a Comment
terima kasih telah berkunjung ke blog saya